fbpx

Appartment Atau Perumahan?

Seiring meningkatnya harga tanah atau rumah membuat generasi milenial yang ingin tinggal di hunian tapak semakin sulit mendapatkannya. Dengan begitu, tidak jarang dari mereka yang terus bergantung kepada orang tuanya.

Fasilitas lengkap, keamanan yang terjamin, dan biaya operasional yang cukup terjangkau menjadi alasan generasi milenial memilih tinggal di apartemen. Generasi milenial saat ini cenderung takut untuk membeli rumah.

Sebab, membeli rumah berarti harus memiliki komitmen besar. Selain harga, perawatan juga harus dipertimbangkan. Untuk itu, banyak kaum milenial lebih memilih apartemen karena cenderung praktis dalam perawatannya.

Setiap orang punya pertimbangan masing-masing untuk memilih tinggal di hunian berkonsep rumah tapak atau hunian vertikal seperti apartemen dan rumah susun. Generasi milenial pun dinilai memiliki kecenderungan untuk memilih tinggal di hunian rumah tapak atau landed house .

Menurut Pengamat Perkotaan dari Universitas Trisakti Nirwono Yoga, salah satu faktor yang membuat generasi milenial tidak bisa membeli hunian baik tapak maupun vertikal yakni ketersediaan lahan.

 

Solusi Hunian Murah Jangka Panjang

Bagi anda yang tidak tinggal di kota besar, maka sebaiknya anda memilih perumahan, karena selain anda mendapatkan rumah, lahan dan tempat di lokasi bisa menjadi miliki Anda sepenuhnya.

Gaya hidup di kota besar kini menuntut tempat tinggal yang praktis, khususnya menuju ke tempat kerja. Untuk mendapatkan rumah di sekitar kantor, rasanya sudah tidak memungkinkan saat ini dengan pendapatan yang kenaikannya tak sebanding dengan lonjakan harga rumah.

Terlebih dengan keterbatasan lahan di kota besar yang terus disesaki banyak orang juga bangunan.

Setiap iklan apartemen selalu ditampilkan dengan menggunakan bahasa yang memukau. Pebisnis properti menyadari bahwa satu-satunya pertimbangan orang ragu memilih apartemen adalah properti jenis ini menggunakan sertifikat strata title atau kepemilikan lahan bersama.

Bagaimana sebenarnya seluk beluk membeli rumah atau apartemen? Manakah yang lebih menguntungkan? Uraian berikut ini akan menjelaskannya kepada Anda.

 

Keuntungan Memiliki Rumah

1. Membeli Rumah Artinya Membeli Lahan Juga

Dengan membeli rumah, Anda memiliki lahan untuk membuat tata ruang yang menarik, seperti taman, ruang bermain anak, tempat untuk bersantai, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat mengubah bentuknya sesuai dengan keinginan. Hal ini tidak bisa terjadi pada apartemen yang biasanya ruangnya terbatas dan lahannya milik bersama.

2. Rumah Punya Keunggulan Mudah Dijual Kembali

Rasa jenuh tinggal di apartemen menyebabkan rumah makin lama makin diminati masyarakat. Selain mudah untuk dijual kembali, sertifikat rumah juga bisa digadaikan saat Anda membutuhkan dana untuk kebutuhan mendesak.

3. Pemilik Rumah Merasa Lebih Nyaman Karena Punya Dua Legalitas

Pemilik rumah lebih terjamin karena punya dua kepemilikan, yaitu rumah dan tanah dalam bentuk sertifikat yang legal. Kemudahan dalam mengelola rumah dari sisi anggaran keuangan membuat rumah lebih fleksibel untuk perencanaan keuangan jangka panjang.

Memiliki rumah atau apartemen merupakan tujuan jangka panjang dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, pertimbangkan dengan masak-masak sebelum akhirnya Anda menjatuhkan pilihan.

Share / Bagikan Sekarang

Leave a Reply